Rapat Koordinasi Penilaian Akhir Tahun (PAT), SMA Negeri 4 Praya Siagakan Layanan PAT Daring dan Luring

Praya – SMA Negeri 4 Praya melaksanakan rapat Koordinasi Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2019/2020. Rapat dilaksanakan di Musholla SMA Negeri 4 Praya pada Kamis (28/05). Rapat dimulai pada pukul 09.00 WITA sesuai undangan rapat yang telah disebarkan tim humas ke semua dewan guru dan TU melalui group whatsapp.

Rapat dilaksanakan dengan aman dan tertib sesuai aturan physical distancing dan social distancing. Semua peserta rapat duduk bersaf dengan menggunakan masker dan menjaga jarak duduk minimal 1 meter.

Rapat kali ini membahas strategi PAT yang mengalami banyak perubahan dari PAT tahun-tahun sebelumnya. Strategi PAT tahun ini berubah karena pandemi covid-19.

Sebagai informasi, Dikbud NTB telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 420/2475.UM/Dikbud perihal pelaksanaan PAT Selama Pandemi Covid-19. Berdasarkan Surat Edaran tersebut, PAT akan dilaksanakan lebih awal dengan durasi hari yang lebih lama dari agenda yang tertulis pada kalender pendidikan. Semula PAT dilaksanakan 12 s.d 20 Juni 2020 sesuai kalender akademik, kemudian berubah dari 08 s.d 20 Juni 2020.

Selain perubahan waktu, teknis pelaksanaan PAT juga berubah. Terdapat dua opsi pelaksanaan PAT yakni daring atau luring. Penilaian daring dilakukan melalui fasilitas internet dengan pemberian tugas online ke siswa yang didampingi oleh guru mata pelajaran masing-masing. Sementara penilaian luring diberlakukan pada siswa yang tidak memiliki fasilitas internet.

Dengan adanya aturan tersebut maka bentuk penilaian PAT menjadi lebih fleksibel. Bentuk penilaian PAT dapat berupa portofolio, penugasan, atau penugasan lain yang diperoleh secara daring maupun luring atau assesment jarak jauh yang telah disesuaikan berdasarkan karakteristik mata pelajaran masing-masing.

Kepala SMA Negeri 4 Praya, Kadian S.Pd.,M.Pd. memberikan rambu-rambu dan pengantar rapat PAT. Dia menjelaskan PAT akan dijalankan sesuai SE Dikbud tersebut. Dia juga mengingatkan agar semua dewan guru mempersiapkan agenda PAT dengan sebaik mungkin dan tetap menjaga kesehatan dengan rajin-rajin mengenakan masker dan mencuci tangan saat beraktifitas di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
“Mari kita berikan pelayanan terbaik ke siswa melalui PAT ini. Selama pelaksanaan PAT bapak/Ibu tetap waspada dan menjaga kesehatan agar terhindar dari penularan covid-19” Katanya pada kamis (28/05).

Selain menyinggung tentang pelaksanaan PAT, dia juga menyampaikan beberapa masukan dan keluhan siswa selama Belajar Dari Rumah (BDR) secara online beberapa tahap yang lalu. Dia menyampaikan kendala yang sering terjadi adalah tidak terhubungnnya siswa dengan pembelajaran daring.
“Keluhan dari peserta didik kita terutama yang berdomisili di daerah-daerah pelosok adalah tidak memiliki smartphone dan sinyal yang lemah” Katanya pada Kamis (28/05).

Oleh sebab itu, Kepala sekolah langsung mengambil sikap dengan menjalankan strategi PAT melalui daring dan luring. Adapun teknisnya seperti yang dijelaskan oleh wakasek kurikulum SMA Negeri 4 Praya, M. Laduni, M.Pd yaitu melalui daring berupa pemberian soal atau penugasan secara online melalui group whatsapp masing-masing kelas yang didistribusikan oleh wali kelas. Kemudian lembar jawaban dikumpulkan langsung ke sekolah melalui wali kelas. Dia juga menjelaskan apabila terdapat siswa yang tidak terhubung dengan tugas PAT, maka wali kelas dan guru BK melakukan home visit dan memberikan tugas secara luring. Kemudian masing-masing guru mata pelajaran mengoreksi serrta mengolah nilai PAT untuk di input di aplikasi e-rapor sesuai waktu yang sudah ditentukan. Rapor harus siap dicetak pada 25 Juni 2020, pungkasnya. (D.math)

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=Y-WtWA0sDN4[/embedyt]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *