Kurikulum

SMAN 4 Praya menerapkan kurikulum 2013 revisi dengan menggunakan sistem paket (tatap muka). Kegiatan pembelajaran tatap muka berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik didalam kelas atau pun di luar kelas yang dirancang oleh guru mata pelajaran masing-masing sesuai dengan karakteristik dan muatan materi yang diajarkan.

Beban Belajar

Beban belajar kegiatan tatap muka berlangsung selama 45 menit/jam pelajaran. Beban belajar pada setiap semester dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Pengambilan beban belajar oleh seluruh peserta didik sama setiap semester sesuai dengan muatan kurikulum.
  2. Setiap Peserta didik wajib menuntaskan semua beban belajar yang telah dipaketkan, jika siswa tidak menuntaskan salah satu mata pelajaran guru wajib memberikan program remedial.

Muatan Kurikulum

Muatan Kurikulum SMA Negeri 4 Praya meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang termuat dalam kurikulum 2013 revisi. Mata pelajaran terdiri dari : Kelompok A (wajib),  Kelomp[ok B(wajib), Kelompok C(Peminatan), dan Kelompok Lintas Minat.

  1. Kelompok A (Mata Pelajaran wajib): Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah Indonesia.
  2. Kelompok B (Mata Pelajaran wajib): Seni budaya, Penjasorkes, Prakarya dan Kewirausahaan
  3. Kelompok C (Mata Pelajaran Peminatan): Matematika peminatan, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Bahasa dan sastra indinesia, Bahasa dan sastra Inggris, dan bahasa dan sastra asing lainnya
  4. Kelompok Lintas Peminatan :  Mata pelajaran sesuai dengan pilihan siswa.