Sejarah singkat

SMAN 4 Praya berlokasi di Jalan Tuan Guru Lopan Mispalah Praya Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah, dengan jenjang akreditasi A. Berdiri dan Beroperasi pada tanggal 1 Agustus 2007, dengan status tanah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah seluas 1000 m2. SMAN 4 Praya awalnya merupakan rintisan sekolah model, sempat menyelenggarakan aktivitas belajar mengajar di SMAN 1 Praya selama 1 tahun dengan jumlah angkatan terbagi menjadi 3 kelas yang dilaksanakan pada siang hari.

Setahun kemudian, tepatnya pada awal tahun pelajaran 2008/2009, SMAN 4 Praya pindah ke Kelurahan Prapen pada areal pasar hewan Kabupaten Lombok Tengah. Saat itu statusnya masih milik Dinas Peternakan Kabupaten Lombok Tengah (Pasar Hewan), meskipun gedung baru SMAN 4 Praya sudah dibangun sebanyak 4 ruang belajar, 1 ruang Kepala Sekolah, 1 ruang wakasek, dan 2 ruang Tata Usaha yang berada di lokasi pasar hewan tersebut. Karena hari Sabtu dipakai untuk Pasaran Hewan, maka setiap Minggu pagi semua personil sekolah melakukan pembersihan atas kotoran-kotoran hewan.

Berdasarkan keputusan Bupati Lombok Tengah ditetapkan penggunaan tanah dan bangunan itu untuk SMAN 4 Praya dan pasar hewan dipindah ke Kelurahan Gerantung, karena bangunan untuk pasar hewan waktu itu telah rampung dikerjakan. Semua peralatan fisik dan bahan-bahan bekas pasar hewan diangkut ke tempat yang baru. Selama kurang lebih 3 tahun, gedung sekolah juga bertambah sebanyak 3 ruang kelas baru terdiri dari : 1 ruang laboraturium IPA, 1 ruang perpustakaan dan 1 ruang laboraturium komputer. sehingga jumlah kelas dari 4 menjadi 7 kelas.

Pada tahun 2009 terjadi perubahan yakni mulai kondisi sekolah yang menjadi rindang, indah, dan bersih, partisipasi masyarakat semakin meningkat, disiplin siswa meningkat, kinerja guru juga meningkat dan sarana fisik sekolah meningkat dengan sangat cepat. Hal ini terbukti dengan diberikannya beberapa predikat, diantaranya  adalah akreditasi A, Rintisan Sekolah Kriteria Mandiri (RSKM), Sekolah Sehat dan Sekolah Adiwiyata Kabupaten Lombok Tengah. (Dok./BD/05 Mei 2012).

Pada tahun 2015 terjadi perubahan yang sangat pesat mulai dari jumlah siswa 1218 orang, Ruang kelas berjimlah 32 kelas, Musholla, Lab Sni dan Flm, dan berprestasi baik pada cabang akademik maupun non akademik. Terbukti pada tahun 2016 ditetapkan sebagai SMA Rujukan di Kabupaten Lombok. Sejak berdiri hingga saat ini, SMAN 4 Praya telah dipimpin oleh tiga Kepala Sekolah  yaitu; Drs Hapazah, M.Pd [2007 s.d. 2009], SUPARDI, S.Pd., M.Pd.[2009 s.d. 2015], dan KADIAN, S.Pd [2015 s.d. sekarang]