MPLS

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang dilakukan pada hari pertama masuk sekolah dan wajib diikuti oleh semua peserta didik baru. Kegiatan tersebut berupa pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, metode belajar, sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah.

Tujuan MPLS .

Tujuan MPLS sesuai Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 adalah sebagai berikut.

  1. Mengenali potensi diri siswa baru.
  2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
  4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.
  5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Kegiatan MPLS

MPLS meliputi kegiatan wajib dan pilihan. Kegiatan wajib dan kegiatan pilihan dilakukan sesuai dengan silabus pengenalan lingkungan sekolah sesuai Permendikbud No. 18/2016.

Sekolah dapat memilih salah satu atau lebih materi kegiatan pilihan pengenalan lingkungan atau melakukan kegiatan pilihan lainnya yang disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik lingkungan sekolah.

Kegiatan Wajib MPLS

Kegiatan wajib MPLS meliputi:

  1. Pengisian formulir siswa baru oleh orang tua/wali.
  2. Kegiatan pengenalan siswa (khusus SD, siswa dapat dikenalkan oleh orang tua).
  3. Kegiatan pengenalan warga sekolah.
  4. Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, cara belajar, dan tata tertib sekolah.
  5. Kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa.
  6. Pengenalan stakeholders sekolah lainnya
  7. Simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa.
  8. Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  9. Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun.
  10. Pengenalan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif.
  11. Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter.
  12. Pengenalan budaya dan tata tertib sekolah.
  13. Pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai positif.