SMA Negeri 4 Praya – Proses pembelajaran seni tari di SMA Negeri 4 Praya kini mengalami transformasi signifikan melalui pendekatan inovatif yang menekankan pada kreativitas dan eksplorasi diri. Dengan judul “Proses Pembelajaran Seni Tari Kreasi Mandiri: Explorasi Kreativitas di Ruang Kelas,” sekolah ini menghadirkan suatu metode yang merangsang para peserta didik untuk mengembangkan karya tari mandiri mereka.
Pendekatan baru ini bertujuan untuk memberikan ruang lebih besar kepada peserta didik untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dalam seni tari. Dengan demikian, para peserta didik tidak hanya mempelajari gerakan-gerakan tradisional, tetapi juga didorong untuk menciptakan karya-karya orisinal yang mencerminkan ekspresi dan identitas pribadi mereka.
Salah satu inovasi utama dalam metode ini adalah pemberian tugas proyek kepada peserta didik. Mereka diminta untuk membuat koreografi tari sendiri, dengan memadukan unsur-unsur tradisional dan modern. Para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil atau secara individu, membangun kolaborasi dan tanggung jawab.
Proses pembelajaran seni tari di SMA Negeri 4 Praya tidak hanya menciptakan penari yang terampil, tetapi juga seniman yang memiliki kemampuan untuk mengekspresikan diri dan berinovasi dalam dunia seni tari yang terus berkembang. Diharapkan bahwa pendekatan ini akan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk merancang metode pembelajaran seni yang lebih progresif dan mendukung perkembangan kreativitas peserta didik.